Sabtu, 30 April 2011

STATISTIKA DESKRIPTIF

Beberapa definisi statistika
  1. Statistika adalah imu tentang pengukuran, penyusunan penganalisaan dan penafsiran data dalam bentuk angka untuk tujuan pembuatan suatu keputusan yang lebih baik dalam menghadapi ketidakpastian. (Robert Mason tahun 1974)
  2. Statistika adalah kumpulan angka yang menerangkan tentang suatu masalah baik yang sudah tersusun di dalam daftar-daftar yang teratur atau grafik-grafik maupun yang belum.
  3. Statistika adalah bilangan tunggal yang menerangkan sifat atau karakteristik dari sekumpulan data hasil pengamatan, misal: rata bilangan persen yang menggambarkan bilangan tungal atau karakteristik. (Roxton dan Cowden tahun 1974)
  4. Statistik tunggal adalah merupakan suatu bidang study (afield of study) bagian terpenting dalam statistik ini adalah gambaran deskriptif, probability/kemungkinan, peluang, analisis, analisa, keputusan, kesimpulan(inferensi).
  5. Statistika dalam bentuk jamak merupakan sekumpulan data numerical (bentuk angka). (Brown dan star tahun 1982).
  6. Statistik deskriptif merupakan suatu cabang penting dari statistik dan dia terus menerus digunakan secara luas dan merupakan sekumpulan prosedur dasar yang terdiri dari: 
    1. Pengumpulan data
    2. Pengorganisasian data/pengaturan data
    3. Penyajian data
    4. Analisis data/penelaah data
    5. Intepretasi data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar