Sabtu, 27 November 2010

Mencatat

Tak pernah seorang pun di muka bumi ini yang mempunyai kemampuan memperoleh sesuatu oleh dirinya sendiri, jika orang itu sama sekali terpisah dari persahabatan dengan semua manusia. Juga tidak ada seorang pun diantara kita hari ini yang mampu berbuat lebih dari mencatat apa yang dikatakan orang secara tidak sengaja.
Karena untuk pertama kali Aku menyadari bahwa orang lain adalah segala-galanya. Sedangkan Aku dengan pribadi yang terpisah adalah bukan apa-apa. Tak seorang pun lebih mengetahui dari pada engkau bahwa betapa bebas, senang dan tenang Aku mencapai kesadaran ini, dan tak seorang pun lebih mengetahui dari pada engkau tentang perasaan seseorang yang menemukan dirinya terbebas dari penjara pribadinya yang membatasi ini.

Aneh juga bahwa segala hal yang teramat dekat dengan kita adalah (juga) yang amat cerdik mengacaukan dengan mengganggu kehidupan kita.
Kita jangan saling mencela. Kita harus mencapai pengertian dan kita tidak akan dapat mencapai pengertian kecuali jika berbicara dengan kepolosan anak-anak. Kita berdua suka menggunakan retorika dengan segala hal tuntutan mengenai kecakapan, kecerdikan, pembumbuan, dan pengaturan.
Aku bukanlah orang yang suka mencari jalan keluar yang gampang, dan bagiku ada pola-pola yang dapat diikuti meskipun dengan kegilaan dan putus asa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar